Bagaimana Cara menghitung Usia Kehamilan yang Benar?

Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Benar?

Cara menghitung usia kehamilan sering kali salah perhitungan antara si calon ibu dengan dokter. Hal ini umum terjadi pada calon ibu, karena mereka biasanya menghitung ketika terakhir kali tidak mendapatkan jadwal menstruasi. 

Padahal, cara menghitung usia kehamilan yang tepat bukanlah seperti itu. Lalu bagaimana cara menghitung yang benar? Menghitung usia kehamilan bertujuan untuk mengetahui sudah berapa lama si kecil berada di dalam janin. Selain itu, dengan mengetahui usia kehamilan yang akan digunakan untuk mempersiapkan hari perkiraan lahir atau HPL. Nah, berikut beberapa cara, untuk mengetahui usia kehamilan. 

Cara menghitung usia kehamilan

Ingatlah, penyedia layanan kesehatan, baik dokter, bidan ataupun suster akan memberikan jawaban yang lebih akurat tentang usia kehamilan Anda pada saat menjalani perawatan atau kontrol selama masa kehamilan berlangsung. 

Ada beberapa cara yang berbeda untuk mengetahui usia pasti kehamilan Anda, dengan cara berikut:

  • Hari pertama haid terakhir

Sebagian besar kehamilan akan berlangsung sekitar 40 minggu atau 38 minggu sejak konsepsi. Jadi, biasanya cara terbaik untuk memperkirakan tanggal kelahiran bayi Anda adalah dengan menghitung 40 minggu atau 280 hari dari hari pertama Anda mendapatkan menstruasi terakhir (HMP). 

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi tiga bulan dari hari pertama haid terakhir Anda dan tambahan lagi tujuh hari. Jadi, jika periode terakhir Anda  dimulai pada 11 April, maka Anda akan menghitung mundur tiga bulan ke belakang, menjadi 11 Januari ditambahkan 7 hari. Dengan begitu, tanggal perkiraan Anda usia kehamilan dihitung dari tanggal 18 Januari. 

Begitulah cara dokter Anda dalam memperkirakan usia kandungan Anda, dan perhitungan tersebut sangat akurat untuk dijadikan penghitungan usia kehamilan. Tetapi, perlu Anda ingat untuk mengetahui waktu kelahiran si bayi bisa terjadi dua minggu sebelum atau dua minggu setelah tanggal yang telah diperkirakan. 

  • Tanggal konsepsi

Tanggal konsepsi atau tanggal pembuahan terjadi bisa menjadi hari pertama Anda hamil. Dan, dengan menggunakan tanggal pembuahan ini menjadi salah satu cara untuk mengetahui usia kandungan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Menghitung usia kehamilan berdasarkan hari pertama pada haid terakhir adalah cara yang paling efektif bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi yang relatif teratur. Namun, bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, metode tersebut tidak akan berhasil. 

  • Ultrasonografi

Ultrasonografi atau USG di beberapa titik selama kehamilan dapat mengetahui usia kehamilan yang Anda jalani. Tidak hanya itu, USG pun dapat membantu Anda mengetahui pertumbuhan janin dan memantau perkembangan lainnya pada janin. Dengan melakukan USG pun Anda bisa mendapatkan perkiraan paling akurat untuk usia kehamilan. 

Metode ini merupakan cara yang paling diandalkan dan sangat berguna jika Anda tidak mengetahui tanggal menstruasi terakhir atau jika siklus menstruasi Anda tidak teratur. 

Kira-kira bisakah HPL Anda berubah?

Selama pemeriksaan kehamilan, penyedia layanan kesehatan Anda akan memantau perkembangan kehamilan Anda. namun, jangan kaget jika mereka memberi Anda tanggal yang sedikit berbeda dengan hitungan yang Anda lakukan. 

Pasalnya, kebanyakan bayi tidak lahir tepat waktu kelahirannya sesuai dengan perhitungan Anda atau dokter. Setiap kehamilan adalah hal yang unik, dan hanya sebagian kecil bayi yang lahir tepat waktu. Bayi biasanya akan lahir antara minggu ke 38 hingga 42, dan sangat normal sekali bagi bayi lahir kapan saja selama periode tersebut. 

Namun, jika bayi Anda lahir prematur maka dokter akan memberitahu Anda tentang perawatan ekstra yang mungkin dibutuhkan oleh bayi. Di sisi lain, jika bayi Anda belum juga ‘akan lahir’ pada akhir minggu ke-42, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan beberapa proses melahirkan melalui vagina atau mendiskusikan pilihan untuk operasi cesar. 

Jadi, kesimpulannya untuk cara menghitung usia kehamilan Anda dapat menggunakan beberapa cara di atas. Namun, untuk lebih akurat disarankan untuk menggunakan USG yang bisa dilakukan ketika Anda melakukan pemeriksaan rutin selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *