Apa yang Harus Dilakukan Sebagai Cara Menghilangkan Rasa Malas?

Awal tahun merupakan awal perubahan dan juga merupakan saat di mana kewajiban berbondong-bondong datang menghampiri. Kewajiban yang banyak tersebut tentunya juga mendatangkan rasa malas sehingga kewajiban sulit untuk dipenuhi. Pertanyaannya, sebagai cara menghilangkan rasa malas supaya kewajiban terpenuhi dan tidak menimbulkan masalah ke depannya?

INI DIA CARA MENGHILANGKAN RASA MALAS

Terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menghilangkan rasa malas. Namun, cara-cara ini tidak akan berhasil tanpa komitmen yang kuat dari diri Anda sendiri. Berikut adalah beberapa cara-cara tersebut:

  1. Buat tujuan yang realistis dan sesuai kemampuan Anda supaya menghindarkan diri terserang sindrom burnout yang menbuat badan menjadi mudah lelah, tidak bersemangat, dan menimbulkan rasa malas. Sebagai contoh, lebih realistis untuk membuat target untuk menyelesaikan skripsi sebanyak 1 halaman dalam 1 hari dibandingkan dengan menyelesaikan skripsi 5 halaman dalam 1 hari. Alih-alih membuat semangat, target yang terakhir justru dapat membuat semangat menjadi ciut sebelum pekerjaan dimulai.
  2. Hindari sifat perfeksionis yang dapat membuat diri kita lebih kritis terhadap diri sendiri dan orang lain. Orang yang memiliki sifat perfeksionis parah juga lebih mudah mengalami depresi dan gangguan cemas.
  3. Lakukan afirmasi atau positive self-talk karena dapat memancing diri Anda menjadi lebih produktif. Kekuatan berbicara pada diri sendiri (self-talk) baik yang bersifat positif maupun negatif memiliki dampak yang tidak boleh dianggap sepele. Mulai sekarang, lakukan afirmasi dengan kata-kata positif dan ubah kata-kata negatif menjadi kalimat positif seperti “Aku tidak bisa” menjadi “Aku harus mencoba supaya tahu hasilnya”.
  4. Membuat rencana / action plan yang dapat memandu Anda terkait apa yang harus dituntaskan dan apa yang harus diraih. Buatlah rencana yang sesuai dengan keadaan diri dan sumber daya yang ada.
  5. Fokus pada kelebihan Anda karena dapat memiliki efek positif terkait produktivitas, perasaan, dan performa pekerjaan dilansir dari riset yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology. Selalu ingat bahwa tiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi bila kita selalu fokus terhadap kekurangan kita maka hal tersebut dapat membuat diri kita menjadi ciut.
  6. Ingat prestasi yang Anda raih supaya menjadi pendorong rasa percaya diri untuk mencapai tujuan dan menimbulkan perasaan positif.
  7. Jauhkan diri dari distraksi dalam bentuk apapun mulai dari media sosial, mengobrol dengan rekan, hingga hewan peliharaan kesayangan. Buat suasana kondisi kerja di mana distraksi tersebut sulit dijangkau. Mendengarkan musik instrumental atau podcast saat bekerja dapat membantu menciptakan suasana tenang pada saat bekerja.
  8. Jangan ragu untuk meminta bantuan karena kadangkala kita membutuhkan bantuan orang lain untuk mencapai tujuan kita. Perlu diingat, meminta bantuan bukanlah hal yang memalukan atau hal yang salah. Anda dapat bertanya kepada orang yang lebih ahli atau berpengalaman bila menemui kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *