Diet Pepaya Bantu Turunkan Berat Badan

Salah satu buah terbaik yang banyak ditemukan di musim apapun adalah buah pepaya. Buah pepaya tidak hanya memiliki rasa yang lezat saja, tetapi juga diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda nikmati. Bukan menjadi hal yang mengherankan apabila diet pepaya banyak diminati orang belakangan ini.

Tidak hanya karena kemampuannya dalam menurunkan berat badan saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan lain dalam melawan infeksi dan mencegah komplikasi. Buah pepaya juga merupakan buah yang versatile, dalam artian buah ini bisa langsung dikonsumsi, dijadikan campuran salad buah, ataupun dimasak sesuai selera. Selain itu, buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran smoothies dan milkshakes yang lezat dan menyehatkan.

Meskipun tidak memiliki tampilan yang mewah, buah pepaya memiliki rasa yang manis dan sumber nutrisi yang melimpah. Beberapa nutrisi sehat yang menjadi kunci mengapa diet pepaya baik untuk kesehatan dan mampu menurunkan berat badan adalah antioksidan, mineral dan vitamin. Selain itu, mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa konsumsi buah pepaya baik untuk pencernaan dan detoksifikasi hati. Buah pepaya juga dapat dikonsumsi sebagai camilan yang sehat karena buah ini mengandung kalori dalam jumlah yang sangat rendah. Misalnya saja, dalam 100 gram sajian buah pepaya hanya mengandung 43 kalori. Itulah sebabnya diet pepaya merupakan diet yang ideal apabila Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Manfaat lain yang dapat Anda dapatkan seperti:

  • Kaya kandungan serat. Makanan-makanan yang banyak mengandung serat baik untuk pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini akan membuat Anda mengurangi porsi makanan atau keinginan untuk ngemil. Inilah sebabnya mengapa makanan-makanan yang mengandung banyak serat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang mencoba menurunkan berat badan.
  • Melawan peradangan. Pepaya merupakan buah yang kaya antioksidan yang bernama papain. Papain ini memiliki kemampuan dalam melawan peradangan di dalam tubuh. Beberapa penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa peradangan dapat menghambat turunnya berat badan.
  • Membantu pencernaan. Menurut buku “Makanan Penyembuh” yang diterbitkan oleh Penerbit D.K, buah pepaya mengandung zat papain dan chymopapain yang dapat membantu pencernaan serta melawan konstipasi. Diet pepaya juga dapat mencegah dan mengobati radang perut. Selain itu, usus dan sistem pencernaan yang sehat juga banyak dihubungkan dengan proses penurunan berat badan yang sehat dan efektif.
  • Membantu detoksifikasi. Serat alami yang terkandung di buah pepaya dapat membantu detoksifikasi pada sistem tubuh dan membersihkan usus.
  • Membantu penyerapan protein. Untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan rendahnya asam perut, papain yang terkandung di buah pepaya dapat membantu pencernaan daging dan menyerap protein yang ada di dalam daging. Protein merupakan raja dari segala nutrisi ketika kita membicarakan lemak dan penurunan berat badan.
  • Melawan infeksi. Beberapa penyakit autoimun tertentu dapat mengganggu fungsi tubuh normal dan dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Keberadaan fungsi antivirus dan anti-parasit di dalam buah pepaya dapat melawan penyakit dan infeksi.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, orang-orang yang ingin melakukan diet pepaya dan memiliki tujuan menurunkan berat badan disarankan untuk makan buah pepaya saat sarapan dan sebagai camilan, misalnya dimakan di antara waktu makan siang dan makan malam. Untuk sarapan, tambahkan beberapa sumber protein berkualitas dan lemak sehat dalam jumlah yang sedikit. Apabila dikonsumsi dalam bentuk smoothies, Anda bisa menambahkan bubuk protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *