Golden Age, Masa Terpenting Perkembangan Anak

Golden age, atau juga sering disebut masa emas, adalah masa awal perkembangan anak usia 0 hingga 5 tahun. Pada fase pertumbuhan ini, anak tumbuh dan berkembang dengan cepat. Dalam tahun-tahun pertama kehidupannya, otak anak akan dengan cepat mengembangkan sistem pemetaan. Data dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa otak berkembang dengan cepat pada tahun-tahun pertama kehidupan seseorang. Bahkan sebelum anak berumur 3 tahun, mereka telah membentuk 1 juta koneksi saraf setiap menitnya. Hubungan-hubungan tersebut menjadi sistem pemetaan otak, yang terbentuk dari kombinasi antara lingkungan dan alam melalui interaksi yang dipaparkan oleh anak. Inilah mengapa masa-masa golden age sangat penting bagi tumbuh kembang anak.

Amati tumbuh kembang anak

Ahli tumbuh kembang dan golden age anak telah menciptakan grafik yang akan membantu para orang tua mengamati dan mendukung perkembangan anak, mulai dari pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif (ketrampilan dan kemampuan berpikir), pembelajaran bahasa, dan perkembangan sosial serta emosional.

  • 0 hingga 18 bulan

Pada periode pertumbuhan dan perkembangan ini, anak akan tumbuh besar dan berubah dengan pesat. Dokter merekomendasikan bahwa orang tua harus rutin “berbicara” dengan anak pada fase atau periode ini. Hal ini dikarenakan mendengar suara Anda dapat membuat bayi mengembangkan ketrampilan berkomunikasi. Di masa-masa ini, anak juga direkomendasikan untuk mendapatkan waktu “tummy time” atau tengkurap sebentar saja guna membantu menguatkan otot leher dan punggung bayi (pastikan bayi tidak tidur dan Anda terus mendampingi bayi pada saat ia berada di posisi ini). Orang tua juga harus menjawab tangisan bayi dengan segera. Menggendong dan menenangkan bayi yang menangis dapat memperkuat ikatan batin antara orang tua dan anak.

  • 18 bulan hingga 2 tahun

Pada masa batita, anak-anak akan banyak membutuhkan tidur, nutrisi, dan hubungan yang dekat dan penuh cinta antara orang tua dan anak. Para dokter di Rumah Sakit Anak Seattle memberikan saran untuk menciptakan lingkungan asuh yang aman namun tetap dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa-masa golden age, seperti menciptakan rutinitas tertentu guna membuat anak merasa aman dan nyaman; buat lingkungan anak tetap aman, dengan menjauhkan barang-barang tajam dan berbahaya sehingga anak dapat menjelajahi sekitarnya dengan aman; gunakan ajaran yang disiplin namun tetap lembut saat Anda memandu dan mengajari anak (hindari memukul atau membentak anak karena dapat menyebabkan kerusakan fisik dan emosi jangka panjang); bernyanyi, berbicara, dan bacakan cerita pada anak untuk menambah kosakata-kosakata bahasa baru; dan tidak lupa untuk terus menjaga kesehatan dan fisik Anda sendiri, karena anak Anda membutuhkan orang tua untuk tetap dapat terus tumbuh berkembang dengan sehat.

  • 3 tahun hingga 5 tahun

Pada masa-masa pra-sekolah ini, anak akan tumbuh dengan lebih mandiri dan mampu. Rasa ingin tahu mereka terstimulasi karena dunia mereka terus meluas, dengan teman-teman baru, pengalaman baru, dan lingkungan (taman kanak-kanak atau penitipan anak) baru. Dalam masa ini, orang tua direkomendasikan untuk terus membaca pada anak; menunjukkan cara melakukan pekerjaan rumah yang mudah; bantu anak mengatasi masalah saat mereka emosi; bicara dengan anak sesuai umurnya; dan biarkan anak memiliki pilihan bagaimana ia harus berinteraksi dengan anggota keluarga atau orang asing.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, perkembangan dan pertumbuhan fisik dan emosional anak di masa-masa golden age dapat maksimal dan efisien. Ikatan orang tua-anak yang kuat, nutrisi seimbang, tidur cukup, dan lingkungan asuh yang aman dan nyaman dapat memberikan kesempatan berkembang dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *