Inilah Macam-Macam Foundation yang Perlu Diketahui

Jika berbicara mengenai bagaimana cara membuat penampilan wajah agar menarik dan sempurna, tentu hal ini akan mengarah kepada jenis makeup atau foundation yang dijadikan sebagai dasar untuk memperoleh riasan cantik dan sempurna. Masalahya, tidak semua orang tahu bagaimana cara memilih foundation yang tepat.

Terlepas dari kualitas yang dimiliki, terdapat berbagai macam foundation dengan variasi dan tekstur yang berbeda. Selain itu, aplikasi dan bahan-bahan yang dipergunakan pun juga bermacam-macam, memilih foundation terbaik yang sesuai dengan warna, jenis kulit, kebutuhan kulit dan preferensi pribadi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Cara Memilih Foundation

  • Ketahui Warna Dasar Kulit

Banyak orang yang salah memilih warna foundationl karena tidak tahu warna dasar kulit sendiri, untuk bisa memilih foundation yang tepat hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengetahui warna undertoke kulit yang dimiliki. Warnanya dibagi menjadi tiga kategori, yakni warm (kuning), cool (pink) dan netral.

  • Coba Foundation di Leher

Kebanyakan orang melakukan percobaan foundation di pergelangan tangan atau punggung tangan, padahal kulit tangan terkadang berbeda dengan warna kulit wajah. Untuk melakukan percobaan, disarankan untuk mengoleskan foundation di daerah sekitar rahang atau di leher. Kemudian lihat apakah warna tersebtu sesuai dengan warna kulit wajah.

  • Coba Foundation di Tempat Terang

Temukan tempat terang ketika ingin mencoba foundation, jika tempat yang dipakai untuk mencoba makeup kurang pencahayaan maka kemungkinan warna kulit akan terlihat lebih gelap. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa percobaan menggunakan foundation di tempat yang terangnya natural.

  • Pilih Warna Terang

Setelah melakukan aktivitas seharian, wajah yang menggunakan foundation akan berubah menjadi lebih kusam atau gelap. Karena, foundation mengalami oksidasi begitu terkena panas, baik panas matahari maupun panas dari suhu tubuh. Agar warna foundation tetap bagus meski digunakan seharian, sangat disarankan memilih warna yang terang.

Jenis-jenis Foundation

Selain cara memilih foundation yang penting dilakukan, seseorang juga harus memerhatikan apa saja jenis-jenis dari foundation yang perlu diketahui. Meski terbilang sulit dan tidak mudah dilakukan, berikut ini terdapat beberapa jenis foundation yang perlu diketahui dan bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit.

  • Liquid Foundation

Merupakan salah satu jenis foundation yang paling terkenal dan mudah digunakan,bahkan disebut sebagai foundation yang tepat bagi seseorang dengan tipe kulit wajah yang kering dan kombinasi. Jenis yang satu ini akan menutupi bercak kulit atau belang, sehingga nantinya warna yang muncul akan sama dengan kulit lainnya.

  • Stick Foundation

Pada umumnya, tujuan utama seseorang menggunakan foundation adalah untuk menyamarkan noda hitam yang terdapat pada wajah. Untuk ini strick foundation merupakan pilihan terbaik, terlebih karena bentuknya yang mudah digunakan. Foundation ini memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal, jadi perlu menemukan warna yang tepat.

  • Mineral Powder Foundation

Seiring perubahan waktu dan majunya perkembangan jaman, minat terhadap kosmetik atau produk make up alamai dan organik justru semakin meningkat. Mineral powder foundation adalah salah satu pilihan yang ditawarkan, produk ini mempunyai bahan dasar bedak dan biasanya berbentuk padatan atau ayakan.

  • Tinted Foundation

Fungsi utama dari jenis foundation ini adalah digunakan untuk perawatan kulit, khususnya untuk melembabkan. Perlu diketahui bawha tingkat penyamaran pada wajah akan sangat tipis dan mungkin tidak ideal untuk menutupi warna kulit yang tidak rata atau juga bisa digunakan untuk menutupi jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *