Lakukan Ini untuk Gunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, ada banyak layanan digital yang bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan proses pengobatan. Salah satunya adalah Primary Care atau PCare BPJS Kesehatan untuk mendapatkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

FKTP merupakan tujuan pertama Anda saat akan melakukan pengobatan dengan BPJS Kesehatan sebelum mendapat rujukan ke faskes tingkat lanjutan. Setiap peserta hanya bisa mendatangi FKTP sesuai dengan wilayah domisili masing-masing.

Aplikasi PCare BPJS dapat diakses oleh pihak rumah sakit, puskesmas, atau faskes lainnya yang termasuk ke dalam FKTP BPJS Kesehatan. Dengan aplikasi ini, peserta dan pihak FKTP bisa mengakses informasi tagihan, cara pendaftaran peserta, serta lokasi faskes terdekat.

Mendaftarkan diri sebagai pasien FKTP dengan aplikasi PCare

Bagi peserta BPJS Kesehatan, Anda bisa menggunakan aplikasi PCare untuk mengajukan pengobatan. Pertama-tama, Anda perlu mendaftarkan diri sebagai pasien pada faskes yang akan Anda datangi dengan cara:

  1. Mengakses aplikasi PCare melalui browser
  2. Registrasi dengan menggunakan email, lalu logini
  3. Pilih menu ‘Pendaftaran’ lalu masukkan nomor BPJS di kolom yang tersedia
  4. Apabila Anda telah terdaftar di FKTP yang ingin dituju, identitas Anda akan muncul secara otomatis. Setelahnya, isi informasi jenis kunjungan, hasil pemeriksaan, keluhan, tekanan darah, dan lain-lain
  5. Kembali ke entri data, pilih menu ‘Pelayanan’. Isi kolom terapi dan diagnosis, lalu simpan

Selain mendaftarkan diri dan memilih pelayanan, Anda juga bisa melihat informasi umum mengenai pasien lain yang mengunjungi FKTP yang Anda tuju. Informasi tersebut dapat berupa jenis dan jumlah kunjungan pasien, jenis kegiatan di FKTP, 10 penyakit tersering, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Secara garis besar, PCare BPJS menyediakan menu untuk melayani pasien saat akan berobat di FKTP. Terdapat 5 menu utama yang menjadi fitur pada aplikasi ini, antara lain:

  • Home

Fitur ‘Home’ merupakan menu pertama saat login ke aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Menu ini akan menampilkan halaman berisi daftar peserta BPJS. Setelah memasukkan nomor BPJS, Anda bisa langsung melihat data peserta dengan nomor tersebut.

  • Entri Data

Menu yang satu ini merupakan tempat untuk memasukkan data pasien saat akan mendaftar ke FKTP. Di dalamnya, terdapat dua pilihan menu lainnya, yaitu pendaftaran dan pelayanan.

Menu pendaftaran berisi data fisik, jenis perawatan, dan tanggal pendaftaran pasien. Sementara, menu pelayanan berisi pilihan jenis pelayanan yang telah diterima sebelumnya.

  • Lihat Data

Pada menu ‘Lihat Data’, Anda bisa mengetahui jumlah dan jenis kunjungan pasien ke FKTP yang dipilih, serta data pasien yang terdaftar di FKTP tersebut. Anda juga bisa mengetahui kegiatan apa yang telah dijalani oleh pasien dan daftar penyakit yang dialami.

  • Tools

Fitur ‘Tools’ berfungsi sebagai tempat mengubah password akun PCare Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat data mengenai tenaga medis pada FKTP yang Anda pilih.

  • Logout

Menu terakhir adalah menu ‘Logout’ yang digunakan apabila Anda ingin keluar dari akun PCare Anda. Umumnya, aplikasi PCare diakses melalui browser pada ponsel ataupun komputer. Oleh sebab itu, penting untuk memilih menu ‘Logout’ setelah selesai menggunakan aplikasi untuk menghindari penyalahgunaan data oleh pihak tak dikenal.

Itulah fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi PCare BPJS Kesehatan terbaru. Untuk bisa menggunakan aplikasi secara maksimal, pastikan bahwa status kepesertaan Anda tetap aktif dengan membayar iuran bulanan secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *