Mimpi Mantan Ternyata Punya Artinya Sendiri

Bagi banyak orang, tidur adalah aktivitas terbaik karena ada kesempatan untuk beristirahat dan bermimpi. Akan tetapi, mimpi-mimpi tersebut dapat menjadi sumber stres utama, terutama apabila Anda bermimpi tentang seseorang yang ingin Anda lupakan, seperti mimpi mantan. Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, apa sesungguhnya arti mimpi mantan? Untungnya, mimpi tersebut bukan selamanya pertanda bahwa Anda secara tidak sadar ingin kembali bersama.

Arti mimpi mantan

Suatu hal yang wajar apabila Anda ingin tahu apa arti mimpi Anda sendiri. Dan rasa penasaran Anda mungkin juga akan bertambah ketika orang di masa lalu Anda muncul di mimpi. Namun, meskipun kini Anda sudah memiliki hubungan baru dengan orang lain, mimpi mantan bukanlah suatu hal yang aneh. Ada beberapa alasan yang mendasarinya, seperti:

  • Perasaan yang belum terselesaikan kepada mantan

Jangan khawatir. Perasaan tersebut tidak selamanya perasaan yang romantic. Menurut Terri Orbuch, selaku pakar hubungan, mimpi mantan dapat berarti Anda sedang mencari penyelesaian. Ada kemungkinan Anda merasa tidak puas dengan bagaimana hubungan Anda sebelumnya berakhir.

  • Khawatir dengan hubungan baru yang sedang Anda jalani

Ada kemungkinan apabila Anda masih mimpi mantan meskipun sudah menjalin hubungan baru dengan orang lain, Anda secara tidak sadar ingin membandingkan keduanya untuk berusaha membuat hubungan yang saat ini dijalani dapat lebih berhasil. Saat Anda masuk ke dalam hubungan baru dengan orang baru, jiwa atau hati nurani Anda masih mencoba mencari dan memilah kurang dan lebih dari hubungan percintaan lama Anda. Dalam kasus ini, jiwa Anda mencoba untuk memastikan hubungan baru yang sedang dijalani dapat lebih berhasil, berbeda dengan hubungan terdahulu.

  • Tanda dari masalah yang lebih besar

Kebanyakan waktu, mimpi adalah suatu hal yang simbolis. Akan lebih baik apabila perasaan Anda difokuskan pada proses penyembuhan dan closure tentang apapun yang mendasari hubungan kalian berdua usai. Sehingga, apabila Anda mimpi mantan, cobalah untuk berpikir tentang mengapa hubungan tersebut berakhir dan apa yang sesungguhnya bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Apabila hubungan tersebut berakhir karena salah Anda, meskipun sesungguhnya tidak, mengetahui dan mengakuinya dapat menjadi pencegah hal yang serupa terjadi di hubungan berikutnya, sekaligus mencegah mimpi mantan datang kembali.

  • Belum bisa “move-on”

Meskipun ada banyak alasan mengapa seseorang masih memimpikan mantan mereka, masih memiliki perasaan terhadap mantan dapat menjadi salah satu penyebabnya. Anda mungkin harus bertanya pada diri sendiri, apakah Anda masih ingin untuk kembali bersama atau tidak. Setelah itu, cari jalan keluar dari jawaban tersebut.

  • Tidak selamanya mimpi mantan berfokus pada mantan

Ada kemungkinan bahwa mimpi mantan mewakili sebagian dari diri Anda. Di sini, mimpi mantan disimbolkan sebagai Anda terlalu banyak menyerahkan diri, waktu, dan tenaga serta apa yang Anda cintai di hubungan yang lalu. Atau, hal ini dapat berarti Anda tidak memperdulikan diri sendiri. Dan inilah saatnya untuk kembali mengambil hal-hal tersebut dan mencoba mencintai diri sendiri. Tidak peduli mana yang benar, tidak ada salahnya untuk menganalisa perilaku Anda saat berhubungan dengan mantan dan menentukan apakah perlu adanya perubahan besar terhadap perilaku-perilaku tersebut.

Mimpi mantan dapat memiliki banyak arti. Namun, jika Anda benar-benar ingin tahu apa arti mimpi mantan sesungguhnya, cobalah cari dalam diri Anda sendiri melalui evaluasi diri. Mungkin Anda menemukan jawaban-jawaban yang selama ini Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *