Minyak Biji Rami

Meskipun minyak biji rami atau flaxseed oil belum banyak yang diminati konsumen, minyak tersebut sudah dimanfaatkan sebagai obat dan bahan untuk memasak makanan sejak ribuan tahun yang lalu.

Minyak biji rami memiliki banyak manfaat berupa kesehatan bagi tubuh manusia. Hal tersebut berguna bagi Anda yang berpotensi mengalami risiko kanker atau jantung.

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, minyak biji rami juga mengandung banyak sumber mineral seperti asam lemak omega-3, protein, dan serat. Minyak biji rami juga mengandung komponen fenolat dan mineral seperti kalsium dan magnesium.

Minyak biji rami dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat salad atau minuman untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Anda juga perlu pahami bahwa minyak biji rami bukan merupakan jenis minyak untuk memasak. Jika Anda menggunakan minyak tersebut ke dalam panci dan berada dalam suhu panas, maka akan membentuk komponen yang berbahaya bagi tubuh.

Manfaat Minyak Biji Rami

Meskipun demikian, Anda dapat menggunakan minyak biji rami sebagai bahan untuk memakan setiap hari. Jika Anda mengkonsumsi makanan dengan menggunakan minyak biji rami, manfaat yang akan diperoleh adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bahan diet

Minyak biji rami adalah salah satu bahan yang dapat Anda gunakan jika Anda ingin diet, karena minyak tersebut dapat menekan nafsu makan.

  • Membuat kulit sehat

Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan, minyak biji rami juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menjaga kelembaban kulit. Tidak hanya itu, minyak biji rami juga dapat mengurangi sensitivitas kulit dan membuat kulit terlihat halus.

  • Menjaga pencernaan

Manfaat lain yang diperoleh minyak biji rami adalah mampu menjaga pencernaan. Minyak biji rami dapat meredakan diare dan konstipasi. Minyak tersebut berperan sebagai bahan laksatif dimana kegunaannya dapat memicu pengeluaran kotoran dari saluran pencernaan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain yang diperoleh minyak biji rami adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Minyak biji rami mengandung asam omega-3 yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

  • Mencegah peradangan

Kandungan asam omega-3 tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan jantung, namun juga berperan dalam mencegah peradangan atau inflamasi di tubuh.

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan dengan menggunakan minyak biji rami. Hasil tersebut diklaim bahwa minyak tersebut mencegah pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Meskipun demikian, para peneliti membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak secara langsung pada manusia.

  • Meringankan gejala menopause

Minyak biji rami juga diklaim dapat meringankan gejala menopause seperti rasa panas berlebihan di dalam tubuh.

Risiko Yang Memungkinkan Terjadi

Meskipun minyak biji rami memberikan banyak manfaat bagi tubuh, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi minyak tersebut secara berlebihan. Masalah yang akan muncul adalah gejala diare. Tidak hanya itu, reaksi alergi juga bisa terjadi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan asam alpha-linoleat (ALA) dalam minyak tersebut memicu risiko terjadinya kanker prostat.

Minyak biji rami tidak dapat dikonsumsi oleh:

  • Anak-anak.
  • Ibu hamil atau menyusui.
  • Orang yang pernah mengalami kelainan darah.
  • Orang yang baru atau akan menjalani operasi.
  • Orang yang mengkonsumsi obat pembekuan darah.

Itulah informasi mengenai minyak biji rami. Anda perlu konsumsi makanan dengan minyak tersebut secukupnya. Untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, Anda sebaiknya juga imbangi dengan olahraga yang teratur. Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh minyak biji rami, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter agar Anda mendapatkan pengobatan yang cocok untuk mengatasi masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *