Mual dan Beberapa Kemungkinan Penyakit Serius yang Mengintai

Mual ternyata bisa menjadi indikasi adanya penyakit serius di dalam tubuh kita. Hal itu mungkin tak pernah kita sadari sebelumnya, karena mual biasanya bisa hilang dengan sendirinya.

Mual dan muntah adalah tanda dan gejala umum yang dapat disebabkan oleh banyak kondisi. Namun, umumnya perasaan ingin muntah ini disebabkan oleh adanya gangguan di saluran pencernaan kita.

Selama ini, kita mengenal beragam teknik sederhana untuk meredakan rasa mual, seperti minum atau merebahkan badan. Akan tetapi, mulai sekarang jangan pernah lagi menyepelekan mual, sebab penyakit-penyakit serius di bawah ini bisa saja tengah bersarang di dalam diri Anda:

1. Kanker atau Tumor

Bagi seseorang yang sedang menjalani masa kemoterapi biasanya akan mudah mengalami rasa mual dan muntah. Akan tetapi, ternyata rasa mual dan muntah tersebut tidak hanya timbul karena efek samping dari kemoterapi, melainkan muncul akibat kanker atau tumor yang berkembang di dalam tubuh itu sendiri.

2. Gastroparesis

Mual-mual merupakan salah satu tanda umum yang dialami ketika Anda menderita kelainan pencernaan serius bernama gastroparesis. Gastroparesis merupakan kondisi di mana organ pencernaan tak mampu membuang sisa-sisa makanan yang telah dicerna.

3. Serangan Jantung

Ahli Kardiologi Pusat Kesehatan Jantung Manhattan, Amerika Serikat, Amnon Beniaminovitz, memaparkan bahwa mual merupakan salah satu tanda serangan jantung yang kerap.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika seringkali nyeri pada serangan jantung dideskripsikan mirip sakit perut atau nyeri pada sekitar daerah atas perut. Meski begitu, jika Anda tiba-tiba merasa mual, bukan berarti dapat dengan sederhana diasosiakan bahwa Anda tengah mengalami serangan jantung.

Anda boleh waspada jika merasa mual disertai rasa tak nyaman atau tekanan di sekitar perut tanpa alasan yang jelas.

4. Infeksi

Infeksi yang menyerang sistem saraf pusat seperti otak dan sumsum tulang belakang ternyata memiliki kemungkinan menyebabkan mual dan muntah disertai dengan nyeri kepala. Infeksi tersebut biasanya dapat berupa meningitis, infeksi saluran pernapasan, atau peradangan pada jaringan otak. Oleh karena itu, jika kamu mengalami mual dengan gejala tersebut bisa saja menjadi pertanda adanya infeksi dalam tubuh.

5. Stroke

Pada dasarnya terdapat dua macam stroke, yakni stroke iskemik (stroke sumbatan), dan stroke hemoragik (stroke yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah). Mual dan rasa ingin muntah biasanya menjadi pertanda jika kamu mengalami stroke hemoragik. Di mana, darah yang bocor akibat pecahnya pembuluh darah akan mengisi rongga kepala dan mengakibatkan adanya tekanan tinggi di kepala. Kondisi ini menyebabkan sakit kepala luar biasa yang disertai dengan mual hingga muntah.

6. Batu Empedu

Batu empedu adalah kondisi yang sangat jarang terjadi. Batuan kecil yang berasal dari kolesterol ini umumnya secara lancar ikut terbawa ke dalam pencernaan, namun untuk sebuah kasus batu ini menyumbat bagian ujung empedu hingga memicu rasa sakit mendadak yang hebat. Rasa sakit di seputar pusar inilah yang membikin seseorang merasa mual.

7. Beberapa Penyakit Lain

Selain yang telah disebutkan di atas, gangguan lain seperti penyakit ulkus peptikum, irritable bowel syndrome, dan dispepsia juga ditandai dengan mual dan muntah.

Sederhananya, ulkus peptikum adalah kerusakan pada lapisan mukosa, submukosa sampai lapisan otot saluran cerna yang disebabkan oleh aktivitas pepsin dan asam lambung yang berlebihan.

Sedangkan sindrom iritasi usus atau Irritable bowel syndrom (IBS) merupakan kelainan iritasi yang umum terjadi yang mengenai usus besar. Penyakit ini kerap dikira sakit maag pasalnya gejala atau keluhan yang dirasakan tak jauh berbeda.

Adapun dispepsia adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyerang dan membuat perut bagian atas terasa tidak nyaman.

***

Jangan sepelekan setiap kondisi kesehatan yang Anda rasakan, termasuk mual dan sensasi ingin muntah. Jika melihat beberapa kemungkinan penyakit yang nyatanya bisa ditandai dengan mual, Anda mesti waspada. Apabila rasa mual yang Anda alami teramat sering dan cenderung mengganggu aktivitas, jangan pernah ragu untuk melakukan pemeriksaan di tenaga medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *