Pentingnya Regulator Oksigen

Jika Anda termasuk orang yang sering menjalani terapi oksigen atau ozon, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan regulator oksigen.

Terapi oksigen atau ozon adalah istilah yang menggambarkan sejumlah praktik berbeda di mana oksigen, ozon, atau hidrogen peroksida diberikan melalui gas atau air untuk membunuh mikroorganisme penyakit, meningkatkan fungsi seluler, dan mendorong penyembuhan jaringan yang rusak pada tubuh Anda.

Alasan di balik terapi bio-oksidatif, seperti yang kadang-kadang dikenal, adalah gagasan bahwa selama kebutuhan tubuh akan antioksidan terpenuhi, penggunaan zat oksidatif tertentu akan merangsang pergerakan atom oksigen dari aliran darah ke sel. Dengan tingkat oksigen yang lebih tinggi di jaringan Anda, bakteri dan virus terbunuh bersama dengan sel jaringan yang rusak.  Sel-sel sehat bertahan hidup dan berkembang biak lebih cepat sehingga memberikan hasil seperti sistem kekebalan yang lebih kuat.

Ozon sendiri adalah bentuk oksigen, O3, yang diproduksi ketika sinar ultraviolet atau percikan listrik melewati udara atau oksigen.  Ozon adalah gas beracun yang menciptakan radikal bebas, kebalikan dari apa yang vitamin antioksidan lakukan. Namun, oksidasi menjadi baik ketika bertemu dengan organisme asing berbahaya yang telah menginvasi tubuh Anda. Ozon menonaktifkan banyak bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

Regulator pengontrol aliran oksigen dan alat pelindung adalah alat penurun tekanan yang dirancang untuk mengatur atau menurunkan tekanan oksigen dari silinder ke level yang dapat digunakan dengan aman oleh pengguna. Regilator oksigen bekerja bersama dengan tangki oksigen, dimana regulator memastikan suplai oksigen ke tubuh Anda tetap efisien sehingga Anda dapat tetap beraktivitas dengan relatif normal.

Regulator oksigen adalah perangkat pengurang tekanan gas silinder ketika tekanan impor dan aliran ekspor berubah, untuk memastikan bahwa tekanan ekspornya tetap stabil. Peningkatan pembacaan meter tekanan rendah dapat mengindikasikan potensi bahaya dan perangkap.

Regulator oksigen sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menerima jumlah oksigen yang benar. Unit pengatur oksigen terdiri dari pengukur tekanan ganda yang mengukur oksigen yang tersisa di dalam silinder dan aliran tekanan oksigen keluar.  Ini juga memiliki konektor katup untuk menghubungkan masker oksigen atau kanula hidung.

Cara merawat dan memelihara regulator oksigen:

  • Regulator oksigen harus dijaga tetap bersih dan bebas dari kelembaban dan debu.  Hindari puing seperti iseperti pasir atau kotoran di dalam perangkat. 
  • Jangan sampai regulator oksigen terkena air.
  • Regulator oksigen harus dilindungi dari suhu ekstrem.
  • Hindari menjatuhkan regulator atau meletakkannya di posisi yang bisa menjatuhkan atau jatuh, karena hal inidapat merusak alat.
  • Lindungi silinder dan pengatur dalam wadah atau tas untuk menghindari kerusakan karena jatuh.
  • Bersihkan perangkat secara berkala dengan menyeka menggunakan ain kering yang tidak berbulu.

Regulator oksigen harus diperbaiki secara teratur dan pengukur tekanan juga harus diperiksa secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan keandalan regulator tekanan dan akurasi pembacaan pengukur tekanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *