Perawatan Stroke di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih

Kadang stroke disebut sebagai silent killer. Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan. Terganggunya asupan darah ke otak memang dapat berujung kematian. Bila terhindar dari kematian, stroke sering kali mengakibatkan cacat atau kelumpuhan.

Fakta tersebut membuat stroke harus ditangani dengan benar-benar serius. Segeralah berkonsultasi dengan dokter dan lakukan perawatan di rumah sakit yang memiliki fasilitas memadai untuk menangani penyakit tersebut. Akan lebih baik bila dapat dirawat di Unit Stroke seperti yang dimiliki oleh Rumah Sakit Islam Cempaka Putih.

Unit Stroke Rumah Sakit Islam Cempaka Putih

Di Unit Stroke, pasien yang mengalami penyakit stroke akan menerima pelayanan terpadu. Perawatan dimulai sejak pasien masuk dan menerima diagnosis stroke, hal ini dikategorikan onset pasien masuk.

Selanjutnya pasien akan menjalani terapi dan rehabilitasi yang ditangani oleh tim multidisiplin. Perawatan pasien direncanakan bersama oleh tim multidisiplin tersebut. Tim ini biasanya terdiri dari dokter spesialis saraf, perawat ahli dan berpengalaman dalam penanganan stroke, serta tenaga medis profesional lain yang terkait dengan manajemen stroke.

Umumnya tenaga medis profesional lain yang terlibat adalah dokter yang perlu menangani penyakit sebagai risiko atau dampak dari stroke, seperti fisioterapi, terapi wicara, terapi okupasi, ahli gizi, dan lain-lain.

Unit Stroke Rumah Sakit Islam Cempaka putih ini dapat dikatakan semacam ruang High Care Unit, tetapi khusus untuk masalah stroke. Kelengkapan peralatannya pun layaknya ruang High Care Unit, terdapat alat untuk memantau jantung, memantau tekanan darah, memantau denyut nadi, serta saturasi oksigen. Terdapat pula syringe pump serta infusion pump.

Di Unit Stroke, akan dilakukan observasi status neurologik juga pemantauan kondisi pasien secara ketat, meliputi pemantauan jantung, paru-paru, tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan. Dari pemantauan yang ketat tersebut, dapat diputuskan tindakan apa yang perlu dilakukan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Menghindari kematian serta meminimalisasi terjadinya kecacatan merupakan tujuan utama dilakukannya perawatan di Unit Stroke. Oleh karena itu dilakukan berbagai upaya, seperti memonitor jantung, mengantisipasi terjadinya komplikasi stroke, menjaga kestabilan kondisi tubuh, memonitor kondisi fisiologis dengan ketat, seperti tekanan darah, saturasi oksigen, suhu tubuh, kadar gula darah, serta melakukan rehabilitasi aktif dan pemberian obat-obatan.

Selain peralatan yang berkaitan langsung dengan manajemen stroke, fasilitas tambahan seperti TV, AC, dan kamar mandi khusus, juga tersedia di Unit Stroke Rumah Sakit Islam Cempaka Putih. Tujuannya untuk meningkatkan kenyamanan dan mendukung kesembuhan pasien.

Biaya perawatan Rumah Sakit Islam Cempaka Putih

Terkait penyelesaian biaya perawatan, baik untuk stroke, maupun penyakit lain, Anda dapat menggunakan dana pribadi. Namun, Anda juga dapat menggunakan asuransi. Rumah Sakit Islam Cempaka Putih memiliki cukup banyak rekanan.

Setidaknya, terdapat sekitar 27 perusahaan asuransi swasta yang telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Cempaka Putih. Termasuk diantaranya BPJS Kesehatan.

Selain itu, bagi Anda yang diberi fasilitas pembiayaan langsung dari perusahaan tempat Anda bekerja, Rumah Sakit Islam Cempaka Putih juga bekerja sama dengan cukup banyak perusahaan, baik BUMN maupun perusahaan swasta.

Untuk mengetahui secara rinci asuransi serta perusahaan yang telah menjadi rekanan Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Anda dapat mencari informasinya di situs resmi rumah sakit tersebut. Dan bagi Anda yang akan menjalani pengobatan dengan pembiayaan asuransi, baik stroke maupun penyakit lainnya, pastikan plafon yang Anda miliki mencukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *