Perubahan yang Terjadi pada Ibu Hamil 4 Minggu dan Tips Merawat Kesehatan Janin

Saat Anda hamil 4 minggu, mungkin secara fisik janin belum menunjukkan wujud aslinya. Akan tetapi pada janin usia ini, segala informasi genetik yang dimilikinya sudah bisa dilihat.

Selain perkembangan janin, hamil 4 minggu juga sudah menunjukkan perubahan pada tubuh ibu. Ibu yang hamil 4 minggu akan mulai merasa beberapa gejala kehamilan, mual dan ngidam, misalnya.

Gejala Hamil 4 Minggu yang Dirasakan Ibu

Hampir 90 persen wanita hamil akan merasakan mual dan muntah di trimester pertama ini. Morning sickness ini menjadi pertanda bahwa hormon dalam tubuh Anda mendukung kehamilan. Bahkan, wanita yang merasakan mual saat awal kehamilan berisiko rendah mengalami keguguran. Namun, bukan berarti yang tidak mengalami mual mustahil mengalami kehamilan sehat.

Saat usia kehamilan masih memasuki minggu ke-4, biasanya perubahan pada tubuh ibu hamil belum terlihat jelas. Akan tetapi, ibu hamil sudah merasakan gejala-gejala kehamilan berupa:

  • Payudara terasa nyeri
  • Mual
  • Perut kembang
  • Menstruasi telat
  • Tubuh cepat lelah dan lemas
  • Sering buang air kecil
  • Mengalami ngidam
  • Indera penciumann semakin tajam
  • Adanya flek atau perdarahan implantasi

Tak jarang juga wanita menganggap dirinya merasa gejala menstruasi karena gejala yang dirasakan hampir mirip. Tetapi ternyata merupakan gejala kehamilan.

Menjaga Kehamilan Usia 4 Minggu

Usia kehamilan empat minggu atau trimester pertama memang masa yang rawan bagi ibu hamil. Sebab, kondisi kandungan masih belum terlalu kuat. Oleh sebab itu, pastikan Anda bisa melewati masa ini dengan sehat dan kondisi baik-baik saja. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kandungan Anda.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi makanan sehat adalah sebuah keharusan. Sebab, ada nutrisi yang berperan krusial dan penting bagi perkembangan janin tidak bisa bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Nutrisi yang dimaksud adalah folat dan asam lemak omega-3.

Adapun makanan yang megandung folat banyak terdapat pada sayur dan buah. Sedangkan asam lemak omega-3 banyak terdapat pada salmon.

  • Mencukupi Kebutuhan Vitamin D bagi Tubuh

Saat hamil, kebutuhan vitamin D akan menignkat dibanding sebelumnya. Sebab, janin yang ada dalam kandungan akan menyerap kalsium dari tulang ibu untuk perkembangan si janin.

Itulah peran vitamin D untuk menyerap kalsium dengan baik. Sehingga penting bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan vitamin D.

  • Menghindari Paparan Asap Rokok

Saat hamil, khususnya hamil 4 minggu, hindari merokok atau sekadar terpapar asap rokok dari orang lain. Sebab, menjadi perokok aktif maupun pasif sama-sama membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Bahaya dari asap rokok ini, Anda bisa mengalami keguguran dan juga kehamilan ektopik. Bahkan, janin juga berisiko lahir dengan berat tubuh yang kecil.

  • Periksakan Kandungan ke Dokter

Usia kehamilan minggu ke-4 biasanya Anda mulai periksa kehamilan pertama. Biasanya dokter hanya memeriksa fisik dan kesehatan secara keseluruhan, belum banyak prosedur pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter.

Meski dari segi fisik atau tampak luar belum terlihat perubahan berarti pada tubuh Ibu hamil usia 4 minggu, akan tetapi sudah terjadi banyak perubahan di dalam rahimnya. Saat kandungan memasuki usia kehamilan 2 bulan, volume darah dalam tubuh akan meningkat 40-50 persen. Anggota tubuh pada janin pun sudah mulai terlihat.

Di minggu-minggu awal ini pulalah, Anda mulai mempersiapkan menuju minggu panjang masa kehamilan. Patuhi semua saran dari dokter kandugan Anda dan jalani gaya hidup yang sehat agar kehamilan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *