Psoriasis dan Berbagai Tipenya yang Harus Diketahui

Apa itu psoriasis?

Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang membingungkan dan tidak dapat diduga serta persisten. Penyakit ini ditandai dengan munculnya kulit mati yang berkembang biak jauh lebih cepat dibandingkan biasanya. Ketika sel-sel tersebut mencapai permukaan kulit lalu mati, volume tipis mereka akan semakin meningkat, sehingga plak merah kulit tertutup dengan sisik-sisik berwarna putih. Gangguan kulit ini lebih sering terjadi pada lutut, siku, dan kulit kepala.

Gejala yang dialami oleh pengidap psoriasis tergantung dari jenis kulit yang dimiliki. Namun, ada beberapa gejala umum yang dapat Anda ketahui, yaitu:

  1. Plak kulit merah sering tertutup dengan sisik berwarna putih atau perak yang longgar. Biasanya lapisan ini terasa gatal dan sakit. Bahkan terkadang dapat pecah. Dalam kasus yang lebih parah, plak kulit yang iritasi itu akan tumbuh dan saling menyatu untuk menutupi area lainnya yang lebih luas.
  2. Kuku jari tangan dan kaki akan mengalami gangguan seperti mengalami perubahan warna. Hal lebih parah dapat terjadi, saat kuku lepas dan hancur.
  3. Adanya plak atau kulit yang bersisik pada kulit kepala.

Psoriasis sendiri dapat dikaitkan dengan psoriasis arthritis, yang menyebabkan rasa sakit serta pembengkakan di persendian Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Psoriasis Foundation, sebanyak 10-30% orang yang mengidap psoriasis juga memiliki psoriasis arthritis.

Anda pun dapat mengetahui jenis-jenis dari psoriasis lainnya, sebagai berikut:

  1. Psoriasis Pustular

Tipe ini ditandai dengan munculnya kulit memerah serta bersisik di telapak tangan atau kaki, dengan jerawat kecil yang mengeluarkan nanah.

  • Psoriasis Guttate

Ini adalah salah satu yang menjadi awal mula penyakit psoriasis pada anak atau remaja. Penyakit ini ditandai dengan bintik kecil berwarna merah yang muncul di salah satu bagian tubuh. Gejalanya bias berupa infeksi pernapasan, radang tenggorokan, amandel, stres, luka pada kulit, ataupun penggunaan obat antimalaria.

  • Psoriasis Inversi

Jenis ini ditandai dengan warna kulit yang merah terang serta sisik yang muncul pada bagian ketiak, selangkangan, dan bawah payudara. Tipe ini memamg menyerang bagian-bagian lipatan kulit.

  • Psoriasis Eritroderma

Tipe ini ditandai dengan warna kemerahan secara berkala pada kulit dan munculnya sisik seperti lembaran. Munculnya psoriasis ini dipicu konsumsi obat-obatan sistemik, sinar matahari, dan infeksi. Tipe ini perlu mendapatkan perawatan medis yang cukup cepat dan penting untuk menghindari komplikasi yang lebih parah. Para penderita penyakit ini tentunya sadar dan merasa tidak nyaman dengan kondisi kulit yang bersisik dan kemerahan. Kondisi ini biasanya dapat datang serta pergi, sehingga membuat penderita sedikit merasa frustrasi. Hingga saat ini, belum ada obat yang secara pasti menyembuhkan psoriasis. Obat-obatan yang sudah ada hanya dapat memudarkan sisik serta kemerahan pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *