Tips Mengontrol Kecemasan Jelang Persalinan

Setiap ibu hamil sebaiknya membekali diri dengan ketenangan untuk menghadapi persalinan. Dengan demikian, tidak akan ada perasaan takut dan cemas. Sebab, rasa takut malah memperburuk kondisi menjelang persalinan. Agar Anda bisa tenang menjalani persalinan, silakan simak ulasan berikut ini.

Belajar Mengontrol Ketakutan terhadap Persalinan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sangat penting untuk mengatur rasa takut agar tidak mengganggu jalannya proses persalinan. Anda pun bisa membicarakan ketakutan Anda bersama suami, supaya lebih tenang. Sebab, ketakutan yang berlebihan, akan menghambat hormon pemicu kontraksi. Akibatnya, kontraksi bisa terasa lebih menyakitkan.

Belajar Relaksasi Tubuh serta Pikiran

Rasa tenang merupakan salah satu kunci utama agar lebih percaya diri dan memegang kendali selama melahirkan. Dengan mengaplikasikan teknik relaksasi selama masa kehamilan, calon ibu bisa membuat janin menendang ketika dibutuhkan. Selain itu, seorang pelatih hypno-birthing mengatakan, Anda bisa memperoleh hasil terbaik dengan menghadiri workshop hipnoterapi kehamilan, serta mendengarkan musik di rumah.

Melatih Pernapasan dengan Benar

Napas yang lebih lamban dan dalam akan meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak. Itulah sebabnya, melakukan aktivitas pernapasan dengan perhitungan adalah cara efektif untuk memperoleh pengalaman persalinan yang baik. Selain itu, dengan melakukan kegiatan ini, ibu hamil menjadi lebih rileks.

Menjaga Pikiran Tetap Terkontrol

Dalam proses persalinan, sangat mungkin bagi seorang ibu untuk menjadi gugup dan takut. Hal ini disebabkan oleh aktivitas otak yang memperingatkan adanya kemungkinan rasa sakit dan bahaya. Bahkan tak dipungkiri lagi, rasa panik dapat memicu ketegangan otot, serta memperlambat sistem kerjanya. Oleh karena itu, jaga pikiran agar tetap fokus pada kondisi saat ini, tanpa memikirkan kemungkinan buruk di masa depan.

Dorong Pasangan Jujur terhadap Kekhawatirannya

Meski terlihat tegar, tapi suami seringkali juga memiliki kekhawatiran tersendiri tentang proses persalinan. Untuk itu, penting agar calon ibu dan suami bersikap jujur terhadap kecemasan masing-masing. Selain belajar menenangkan diri untuk meningkatkan kepercayaan diri, mengikuti kelas konseling juga bisa membantu.

Pilih Aroma Tertentu

Aroma merupakan salah satu rasa yang kuat dan mampu memunculkan kenangan serta emosi tertentu. Untuk membantu tubuh dan pikiran rileks, Misalnya, Anda bisa menghirup aroma minyak lavender yang dipanaskan. Kehadiran aroma ini dalam persalinan pun bisa menghilangkan kecemasan.

Menjaga Keehatan Fisik selama Kehamilan Salah satu hal penting yang harus dilakukan ibu hamil adalah menjaga kondisi fisik tetap sehat. Jangan sungkan meminta bantuan suami untuk memijat punggung dan telapak kaki Anda. Langkah ini bisa menstimulasi metabolisme Anda.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>